Istimewa Gitar

Welcome to my blog Blog berbagi dan belajar tentang gitar dan cara cara nya, tips & trik, dll

Kamis, 25 Juli 2019

Mengenal macam-macam chord palang bass senar 6

Mengenal macam-macam chord palang bass senar 6

Assalamualaikum guys

Welcome to my blog

      Hallo sobat gitaris,,, kali ini gue mau share kepada kalian macam-macam chord palang bass senar 6, kenapa disebut bass senar 6?, Ya karena bass semua chord nya ada di senar 6. Lain lagi dengan chord palang bass senar 5, yang bass semua chordnya berada di senar 5. Jadi Chord palang itu ada 2 jenis, tetapi suara chord yang dihasilkan sama, hanya tempat fret nya saja yang berbeda, misal chord G palang bass senar 6 itu sama saja dengan chord G palang bass senar 5, hanya dibedakan fretnya, yang chord G palang bass senar 6 berada di fret 3,4,5 dan yang chord G palang bass senar 5 berada di fret 10,11,12 .


       Oke guys, yang kita bahas saat ini adalah chord palang bass senar 6 dulu karena menurut gue chord palang bass senar 6 itu lebih mudah dimainkan, untuk yang bass senar 5 kita bahas lain waktu.
Langsung saja,
Perhatikan gambar chord dibawah ini :


Dari gambar chord tersebut, kita akan belajar maksud dari palang atau warna merah yang memanjang itu. Seperti kalian lihat disitu ada warna merah memanjang dari senar 1 - 6, yang artinya kita harus menekan senar 1-6 menggunakan jari telunjuk, Apa bisa?? Bisa guys,  Caranya adalah menekannya menggunakan bagian dalam jari telunjuk, dengan posisi jari telunjuk menunjukan arah ke atas
Untuk lebih jelas nya silahkan lihat foto dibawah ini



Dari foto itu terlihat jari telunjuk menekan semua senar dari senar 1-6 di fret ke 1, lah... itu lah yang dinamakan palang (memalang nada), yaitu jari telunjuk menekan semua senar yang dimainkan, tapi itu tidak hanya berlaku untuk chord f saja, melainkan semua chord palang bass senar 6.

Oke guys,,, paham kan maksudnya,,,
Sekarang kita lanjutkan langsung ke chord chord nya, yang sudah gue rangkum semua chordnya dibawah ini, kita akan mulai dari fret 1 dulu, agar lebih mudah dipahami.
Yang pertama adalah:
Chord E Palang

Dari chord E ini ada yang istimewa guys, yaitu di chord ini kalian tidak akan memalang nada / menekan semua senarnya karna sudah di palang oleh nut gitar, jadi nut gitar itu sebenarnya  selain sebagai penyangga senar juga sebagai pemalang senar guys, jadi di chord E ini cukup tekan aja chord E seperti biasanya tanpa memalang senar.


Ke 2, Chord F Palang
Palang nada dari senar 1-6 di fret 1, tapi saat menekannya harus dengan tenaga yang kuat, agar suaranya terdengar jelas, karena senar di fret 1 senarnya agak berat untuk ditekan.


Ke 3, Chord G Palang
Palang nada dari senar 1-6 di fret 3, untuk chord ini biasanya mudah, dan mungkin akan menjadi chord pertama yang kalian bisa :v .


Ke 4, Chord A Palang
Palang nada dari senar 1-6 di fret 5, chord A palang bass senar 6 ini mudah tetapi ada yang lebih mudah lagi, yaitu chord A palang bass senar 5.


Ke 5, Chord B Palang
Palang nada dari senar 1-6 di fret 7, nah,,, kalau chord yang 1 ini sampai seterusnya biasanya sudah jarang digunakan guys, rata-rata cukup diambil bass nya saja untuk bermain teknik  Fingerstyle, biasanya .


Ke 6, Chord C Palang
Ke 6, Chord C Palang
Palang nada dari senar 1-6 di fret 8, chord ini mudah tapi agak sulit guys,karena di fret 8 dan seterusnya ini senar nya sudah agak tinggi.


Ke 7, Chord D Palang
Palang nada dari senar 1-6 di fret 10, Chord D palang ini adalah chord terakhir, lebih dari ini misalnya maju 2 fret ke fret 12, suara yang dihasilkan akan kembali lagi jadi chord E, yang posisinya berada di fret 12,13,&14, tapi kalau untuk pemula ya tidak usah tidak masalah, cukup dari fret 1 Sampai fret 10.

       Oke guys,,,, terimakasih telah klik blog ini, semoga chord-chord itu tadi bermanfaat untuk kalian, dan bila ada kelebihan atau  kekurangnya silahkan komentar di bawah, agar blog ini bisa menjadi lebih baik lagi, dan terus berkembang.


Wassalamu'alaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar